Special Honey to Shahabat Rimba

Subscribe My Youtube Channel

Home » , , , , » Jenis Trigona Terminata ada di jawa tengah indonesia

Jenis Trigona Terminata ada di jawa tengah indonesia

trigona klanceng terminata
Entrance/pintu trigona
lepido trigona terminata
Lepido Trigona
trigona klanceng terminata
di pohon jati
Lepido trigona, spesies jenis klanceng besar ini ternyata masih ada di jawa tengah. Saya menemukanya ketika berburu lebah di sebuah hutan di dekat Pati jateng. Iseng2 berburu apis cerana dan kalanceng besar, awalnya saya hampir patah semangat untuk bisa menjumpai klanceng jenis badan Besar di hutan itu. Karena stiap klanceng yg saya jumpai adalah jenis leaviceps. Tapi alangkah kagetnya ketika menengok sbuah lubang di pohon Jati saya kira Cerana/ leaviceps. . . dan MasyaAlloh ternyata di lubang itu di huni koloni Trigona badan Besar !

 Setelah saya teliti dan samakan gambar2 di internet degn warna lebah, entrance, ternyata saya tarik kesimpulan bahwa itu adalah jenis Lepidotrigona. Sedang lepido trigona ada 2 yg mirip yg q tahu, yaitu Lepidotrigona Terminata dan lepidotrigona Ventralis. . . Saya blm bisa menyimpulkan apakah ini L.Terminata atau L.Ventralis. Saya mencoba menelusuri hutan lagi dan Tara. . .! Saya menemukan skitar 8 koloni jenis Lepido itu.. . Akhirnya di kayu yg agak mudah saya bongkar dan ketika saya intip sarangnya di kayu yg sbagian sy kampak, saya melihat broodcell atau telurnya terlihat bulat telur dan berbentuk sisiran spiral.

Alhamdulillah itu adalah pertama kali saya melihatnya langsung di hutan. Akhirnya dapat 1 koloni walau ratunya mati tergencet d perjalanan. Innalillahi wainna ilaihi roji'un. Sesungguhnya segala sesuatu milik Alloh dan kepadaNYA akan kembali... saya senang dapat menjumpainya di alam Bebas ! Luas ! Alam Hutan Rimba yang indah. . . maha karnya sang maha Pencipta Alloh swt. . .

Hubungi Kontak Kami :

Telepon - SMS Kami - Whatsapp

Produk Madu Amanah Rimba

Madu Klanceng/Trigona

TERNAK LEBAH JUAL MADU ASLI SOLO
- Harga satuan
- Atau Grosir hub. kami via

PESAN : Whatsapp

Madu Hutan Apis Dorsata Multiflora

Madu hutan belantara
- Harga satuan
- Atau Grosir hub. kami via

PESAN : Whatsapp

TERNAK LEBAH JUAL MADU ASLI SOLO
- Harga satuan
- Atau Grosir hub. kami via

PESAN : Whatsapp

0 comments:

Post a Comment

Madu Lebah Lokal

Madu Lebah Lokal
Madu apis cerana 1kg, Pesan via wa: 082242011571

Madu Hutan Apis dorsata

Madu Hutan Apis dorsata
Madu Hutan tawon Gung multifora Asli, pesan via wa: 082242011571

Madu Klanceng

Madu Klanceng
Madu klanceng Asli 1 Kg, pesan via wa: 082242011571

Video Cara Memecah Koloni

LIKE MY FB PAGE ?

VIDEO PANEN LEBAH KLANCENG

Waktu Panen Lebah Madu yg Tepat

Madu Amanah Rimba Di Bukalapak

Madu Amanah Rimba Di Bukalapak
BARU... Beli Madu Dilapak Amanah Rimba