Special Honey to Shahabat Rimba

Subscribe My Youtube Channel

Home » , , , , , » CARA TERNAK LEBAH SECARA MENETAP

CARA TERNAK LEBAH SECARA MENETAP

cara ternak lebah madu dan klanceng jawa tengah
Madu Amanah Rimba - Cara ternak lebah secara menetap di suatu area tanpa di pindah pindah, tanpa di gembala seperti lebah apis mellifera.

Teknik beternak lebah madu ada dua, yaitu di gembala dan menetap. Di gembala seperti lebah apis mellifera atau australi, yakni saat musim bunga Randu akan di bawa ke Pati jawa tengah. Saat musim bunga rambuta di bawa ke Subang jawa barat. Itulah contoh di gembala, yaitu berpindah-pindah tempat mengikuti bunga mekar.

Cara Beternak lebah menetap yaitu lebah di biarkan atau di liarkan mencari pakan di suatu tempat yang cocok. Biasanya lebah lokal atau klanceng dilakukan metode budidaya secara menetap seperti ini.

Oleh kerana menetap sebenarnya trik ini cocok untuk kerja sampingan juga. Atau infestasi yang bisa menguntungkan dan menyenangkan.

Syarat beternak lebah secara menetap. Ini juga ada syaratnya Sahabat rimba, jangan di kira lebah di tinggal di suatu kebun terus bisa hidup dan menghasilkan madu yang di harapkan klau syarat tak terpenuhi.

Syarat itu, adalah lingkungan yang tersedia pakan secara berurutan dari waktu ke waktu. Jadi Setelah musim bunga mahoni, tiga bulan kemudian di tempat itu ada bunga Sonokeling yg mekar. Dan di antara musim bunga itu ada tanaman lain sbagai penyambung hidup bagi lebah semisal akasia mangium yang bernektar hampir spanjang tahun.

Setelah bunga sonokeling, misalnya harus ada bunga jagung di skitar situ. Lalu sebulan kemudian ada bunga tumbuhan lain yang mekar. Usahakan jarak bunga yang mekar tak terlalu lama waktunya, sebab kalau terlalu lama paceklik lebah lokal biasa hijrah meninggalkan kotak.

Bagaimana mendapatkan tempat yang ideal untuk ternak lebah secara menetap? Carilah hutan heterogen yang tumbuhanya beragam. Atau hutan dengan beberapa tanaman penghasil nektar namun di tambahi tanaman yang menyediakan pakan dengan waktu yang panjang, semisal kaliandra yang bunganya bertahan lama. Atau akasia mangium yang mengeluarkan embun madu dalam waktu yang cukup lama.

Dengan demikian kehidupan dan pakan lebah akan terus tersambung. Kalaupun terputus tidak terlalu lama. Kalau saya istilahkan, sahabat harus mendapatkan atau membuat lokasi yang endemik untuk lebah lokal, bila mau beternak secara menetap.

Demikian posting kali ini, semoga bermanfaat, salam sejahtera untuk sahabar rimba. . . . Wassalamualaikum warohmatulloh

Hubungi Kontak Kami :

Telepon - SMS Kami - Whatsapp

Produk Madu Amanah Rimba

Madu Klanceng/Trigona

TERNAK LEBAH JUAL MADU ASLI SOLO
- Harga satuan
- Atau Grosir hub. kami via

PESAN : Whatsapp

Madu Hutan Apis Dorsata Multiflora

Madu hutan belantara
- Harga satuan
- Atau Grosir hub. kami via

PESAN : Whatsapp

TERNAK LEBAH JUAL MADU ASLI SOLO
- Harga satuan
- Atau Grosir hub. kami via

PESAN : Whatsapp

0 comments:

Post a Comment

Madu Lebah Lokal

Madu Lebah Lokal
Madu apis cerana 1kg, Pesan via wa: 082242011571

Madu Hutan Apis dorsata

Madu Hutan Apis dorsata
Madu Hutan tawon Gung multifora Asli, pesan via wa: 082242011571

Madu Klanceng

Madu Klanceng
Madu klanceng Asli 1 Kg, pesan via wa: 082242011571

Video Cara Memecah Koloni

LIKE MY FB PAGE ?

VIDEO PANEN LEBAH KLANCENG

Waktu Panen Lebah Madu yg Tepat

Madu Amanah Rimba Di Bukalapak

Madu Amanah Rimba Di Bukalapak
BARU... Beli Madu Dilapak Amanah Rimba