Special Honey to Shahabat Rimba

Subscribe My Youtube Channel

Home » , , , , , , » Cara menguji madu asli dan palsu ala peternak lebah

Cara menguji madu asli dan palsu ala peternak lebah

ciri ciri madu asli dan palsu
Madu Amanah Rimba - Cara sederhana dan mudah menguji keaslian madu
Madu lebah yang asli memiliki ciri ciri khusus dari bau, rasa, kandungan gizi dan enzim alami yang membuatnya istimewa dan berkhasiat. beda dengan madu palsu, yang di campur gula atau madu buatan dengan bahan kimia,

madu lebah murni berasal dari nektar bunga bunga atau embun madu pada pucuk daun tanaman tertentu yang di hisap lebah dan di simpan dalam sisiran sarang lebah.

Pada mulanya saat masih di bunga dan di hisap lebah, nektar ini encer, tapi didalam sarang yang suhunya lebih hangat kandungan air dalam nektar menguap dan menjadi lebih kental. NAMUN PADA MUSIM HUJAN atau cuaca drngan suhu dingin kadar air dalam nektar pun tinggi, juga suhu udara rendah yang membuat madu di saat musim dingin cenderung encer bila dibanding saat musim kemarau.
cara menguji keaslian madu

Itu sekaligus sebagai sifat atau ciri madu asli yaitu tidak di tentukan kental atau encer, karena madu asli pun kalau musim hujan memiliki kadar air yang tinggi. justru kalau sahabat mendapatkan madu kental di musim hujan, itu perlu di pertanyakan keaslianya, karena madu palsu kental mudah di buat dengan semacam glukosa bahan permen,

Ciri ciri madu asli dari rasa dan bau Madu asli tanpa campuran baik itu madu hutan apis dorsata, madu tawon glodok lebah lokal apis cerana, madu klanceng trigona, atau lebah ternak, dan madu lebah jenis apapun kalau asli semuanya bermanfaat dan berkhasiat bagi kesehatan.

ciri madu asli yang pertama adalah rasa madu asli beda dengan madu palsu buatan. madu murni memiliki rasa yang SEGAR SESUAI NEKTAR BUNGA DAN TUMBUHAN YANG DI HISAP ATAU DI MAKAN LEBAH.

Beda dengan madu palsu atau buatan, madu buatan rasanya cenderung eneg atau tidak segar bila di minum. rasanya sekedar seperti bahan pembuatnya yaitu gula, atau glukosa. kadang seperti sirup atau permen. tidak segar, kadang kalau di minum malah mau muntah rasanya, apalagi madu buatan yang rusak.

ciri madu asli yang kedua yaitu baunya yang khas dengan bau madu. bukan bau gula, madu palsu baunya seperti bahan pembuatnya, gula, glukosa, seperti permen, atau sirup. nektar bunga randu memiliki bau wangi dan rasa yang sangat khas, jadi mudah untuk di bedakan.

saya sendiri paling hafal rasa madu adalah madu randu. karena waktu kecil sudah sering dapat madu randu di sekitar kampung saya. jadi hafalkan rasa dan bau madu asli dari bunga tertentu, maka sahabat akan bisa membedakan jenis madu dari nektar bunga apa berdasarkan rasanya.

Ada cerita pribadi, teman kos saya membeli madu katanya madu klanceng satu botol marjan klau tak silap cuma 60 atau 80 ribu. lalu saya lihat hehe... kalau saya dikasih juga tidak mau. madu palsu yang sudah jelek, di dalamnya ada lalat mati. klau bgitu namanya madu lalat bukan madu lebah. dan baunya tidak enak karena sudah rusak dan ber lendir. kalau begitu malah bisa berbahaya buat kesehatan.

Harga madu asli dan palsu ini adalah salah satu cara tips dan trik bagaimana membedakan madu asli dan palsu dari harganya. harga madu asli lumayan mahal, dan harga madu palsu atau buatan biasanya lebih  murah di banding madu asli. sahabat perlu agak curiga kalau ada madu dengan harga yang terlalu murah harganya.

Ciri madu asli dalam kulkas cara gampang dan tradisional untuk menguji keaslian madu nektar randu. cara Ini bisa menjadi cara untuk menguji apakah madu itu asli atau palsu. menurut pengetahuan saya tentang madu, madu asli bisa mengkristal dan bisa tidak, dengan faktor ini...

pertama faktor jenis nektar, madu dari nektar tanaman karet adalah contoh madu asli yang bisa mudah mengkristal bila di simpan lama, lebih cepat lagi bila dalam suhu dingin atau di taruh dalam kulkas, lemari es atau pendingin.

sebaliknya madu nektar bunga randu adalah madu yang terkenal bagus dan tidak mengkristal bila di simpan dalam kulkas atau freeser. tapi mengental seperti jell.

Kedua adalah kadar air dalam madu bila madu sangat encer dan tinggi kandungan airnya, misalnya madu yang di peroleh saat musim hujan, maka madu akan lebih besar kemungkinan membeku bila di letakkan dalam di kulkas. jadi kalau sahabat membeli nektar madu bunga randu tapi di kulkas membeku atau mengkristal besar kemungkinan madu itu tidak asli tidak murni.

menguji madu di lab laboratorium bisa menjadi pilihan yang tepatbagi yang punya banyak duit, karena sahabat rinba bisa mengetahui kandungan enzim dakam madu, yang mana enzim alami ini tidak bisa di tiru oleh bahan kimia.

CARA MENGUJI DAN PANDANGAN MENGENAI MADU YANG MENURUT SAYA PERLU DI RAGUKAN :

  1. Membedakan madu asli dan palsu dengan semut ada pembeli madu saya dan beberapa orang yang mengatakan kalau semut itu tidak doyan atau tak mau makan madu asli. Pertanyaanya, berapa kali anda panen lebah madu dan berapa kali di sengat lebah ??? hehe... maaf, tapi  Fakta membuktikan bahwa semut menyukai sesuatu yang manis termasuk madu. saya dan teman teman peternak lebah sering panen madu dan semut juga ikut merasakan karunia rezki madu murni yang segar.
  2. Menguji keaslian madu dengan kertas Yaitu dengan di teteskan atau di tuang di kertas koran. katanya kalau asli akan diam dan palsu akan menyebar. kalau ini menurut saya karena pengaruh kadar air saja, kalau madu palsu yang kental sepertin permen muingkin juga akan diam saja tidak menyebar basahnya. sebalikn ya madu asli yang kadar airnya tinggi mungkin akan menyebar jua.
  3. MENGETES uji tes madu murni dengan kuning telur
  4. katanya kalau madu asli, si telur akan matang, mungkin lebih tepatnya menggumpal.saya kurang tau ini faktor apa, mungkin karena kandungan asam alami yang ada dalam madu yang membuat begitu.
ciri madu asli ber busa dan ber buih di atasnya ? memang kebanyakan madu asli ada buih di atasnya karena di peras, di ekstrak, atau di tuang di dalam botol yang membuat ada gelembung oksigen. buih juga bisa terjadi karena fermentasi pada madu. namun yang tidak beres buih ternyata bisa di mkodifikasi pada madu buatan dengan menambahkan soda dalam madu palsu tersebut.

Merek madu asli kalau ada yang bertanya apa merek madu yang asli ? ya silahkan coba madu Amanah Rimba.. hehe, insyaalloh asli murni. demikian tips trik dan cara bagaimana membedakan dan memilih madu aslio ala peternak, semoga bermanfaat bagi sahabat rimba yang semua. wassalamualaikum warohmatulloh...

Hubungi Kontak Kami :

Telepon - SMS Kami - Whatsapp

Produk Madu Amanah Rimba

Madu Klanceng/Trigona

TERNAK LEBAH JUAL MADU ASLI SOLO
- Harga satuan
- Atau Grosir hub. kami via

PESAN : Whatsapp

Madu Hutan Apis Dorsata Multiflora

Madu hutan belantara
- Harga satuan
- Atau Grosir hub. kami via

PESAN : Whatsapp

TERNAK LEBAH JUAL MADU ASLI SOLO
- Harga satuan
- Atau Grosir hub. kami via

PESAN : Whatsapp

0 comments:

Post a Comment

Madu Lebah Lokal

Madu Lebah Lokal
Madu apis cerana 1kg, Pesan via wa: 082242011571

Madu Hutan Apis dorsata

Madu Hutan Apis dorsata
Madu Hutan tawon Gung multifora Asli, pesan via wa: 082242011571

Madu Klanceng

Madu Klanceng
Madu klanceng Asli 1 Kg, pesan via wa: 082242011571

Video Cara Memecah Koloni

LIKE MY FB PAGE ?

VIDEO PANEN LEBAH KLANCENG

Waktu Panen Lebah Madu yg Tepat

Madu Amanah Rimba Di Bukalapak

Madu Amanah Rimba Di Bukalapak
BARU... Beli Madu Dilapak Amanah Rimba