Special Honey to Shahabat Rimba

Subscribe My Youtube Channel

Home » , , , , » Cara memindah Sarang lebah madu liar kedalam kotak

Cara memindah Sarang lebah madu liar kedalam kotak

cara memindah koloni lebah madu liar kedalam kotak
Cara memindahkan koloni lebah madu liar apis cerana ke dalam stup atau kandang kotak budidaya buatan supaya bisa di budidayakan. Cara beternak dan memindah sarang lebah madu bagi pemula supaya tidak kabur minggat atau hijrah dan mau betah tinggah didalam stup. Panduan komplit dan lengkap Tentang budidaya lebah madu.

tips trik tutorial memindahkan sarang lebah madu hutan liar tawon glodok, nyiruan, tawon unduhan, krinyokan, apis indica kedalam glodog buatan atau stup untuk di pelihara sendiri dirumah. Untuk yang hobi pelihara lebah madu lokal mungkin kegiatan pindah memindah lebah sudah menjadi kegiatan yang biasa. Namun bagi pemula atau yang baru mau belajar lebah madu, tentu memindah lebah adalah suatu hal yang baru.

Baca juga tentang ini sahabat, ada videonya lho... Cara memindah sarang klanceng liar, trigona atau kelulut dari hutan ke dalam kotak

Berikut adalah cara memindah koloni sarang lebah madu liar bagi pemula agar mau menempati stup dan tidak minggat, kabur, dan hijrah.

Cara pertama adalah mencari ratu lebah madu, untuk mencari lebah ratu silahkan baca artikel saya tentang Cara mencari ratu lebah. Setelah ratunya ketemu potong sayapnya sedikit menggunakan gunting atau langsung dengan kuku ibujari dan kuku jari telunjuk waktu menangkapnya. Hati-hati lah dalam memegang ratu, supaya tidak cedera.

Setelah ratunya di temukan masukkan ratu ke dalam stup baru dan segera bari lebah pekerja, kalau tidak ratu akan berjalan keluar stup tidak mau diam. Setelah itu lebah pekerja yg di luar stup di masukkan ke dalam stup dengan di giring atau bila tempatnya tidak memungkinkan di giring maka bisa di ambil dengan se ciduk dengan telapak tangan, atau di asapi supaya cepat bubar dan cepat masuk ke dalam stup bersama ratu. Atau di biarkan saja juga akan mencari ratu sendiri ke dalam sarang kotak lebah yg sobat Rimba buat.

Setelah semua masuk kotak, tunggu 1 sampai 2 hari, biasanya ratu akan keluar kotak skitar jam 10 pagi-2 siang. Maka tunggui waktu itu dan ketika ratu jatuh ke tanah ambil dan masukkan kembali ke dalam kandang yg sobat buat. Lebah pekerja akan mengikuti masuk kedalam stup. Setelah proses ini insyaalloh lebah sudah mau mapan dan membuat sarang di dalam kotak.

Jangan ganggu gugat lebah yg baru di pindah sampai 3 minggu atau 1 bulan, karena masih sangat sensitif sampai ada larva lebah di dalam kotak baru bisa sobat buka kotaknya dan di lihat2. Demikian itu adalah cara pertama tradisional cara memindah lebah madu liar apis cerana ke dalam kotak kandang glodok buatan menurut pengalaman saya. Dan Masih ada lagi cara lain yang bisa di terapkan untuk memindahkan lebah. BACA juga tentang Cara Menguji Keaslian Madu Ala Peternak Lebah

Cara kedua adalah dengan mengurung ratu dengan kurungan khusus ratu lebah madu. Kurung ratu, dan letakkan di bagian atas di dalam stup, setelah -10 hari dan telah membuat sisiran tala yg cukup banyak baru ratu di lepas, dan semoga mau krasan menempati kotak lebah buatan sobat. baca juga teulisan saya tentang : TERNYATA BEGINI Cara meminum madu yang Benar !!

Cara ketiga memindah lebah madu liar lebah lokal tawon glodog ke dalam kotak kandang buatan. Cara ini berdasar pengalaman saya, tanpa memotong sayap ratu dan tanpa kurungan ratu, lebih praktis dan lebih tinggi persentase keberhasilanya.

Cara ketiga ini ada syaratnya Sahabat, Syarat pertama usahakan stup yg di pakai menggunakan frame, bisa frame kotak seperti pada stup mellifera atau frame atas saja seperti lazimnya stup apis cerana. bisa memakai bilah kayu atau bambu. Syarat kedua, sahabat Rimba ada atau punya koloni lebah yg sudah di stup dengan model frame bukan model glodok tradisional.

Caranya masukkan segerombolan koloni lebah pekerja beserta ratunya. Setelah masuk semua berilah satu atau dua atau 3 sisiran sarang yang berisi larva lebah yang sudah tertutup dari koloni lain, sisiran frame bisa ditaruh di tengah stup atau di dekat pintu. Tunggu dan biarkan saja, biasanya kira-kira kurang dari 3 jam lebah pekerja akan mengerumuni frame berisi larva dari koloni lain tersebut untuk mengerami dan merawatnya.

Dengan cara ini biasanya lebah akan langsung mapan menempati stup baru. Dan esok harinya langsung beraktifitas mencari nektar dan tepungsari seperti koloni yang sudah menetap lama.Bila lebah sudah mapan dan betah tinggal di kotak, maka selanjutnya tinggal menempatkan di tempat yang banyak terdapat sumber madu, baca selengkapnya di TEMPAT di sekitar anda yang Banyak Mengandung Madu

Mungkin sahabat juga ingin baca ini ; Khasiat kandungan dan manfaat madu untuk kesehatan
Atau Ingin mencari lebah di hutan ?? baca artikel saya tentang : CARA BERBURU Lebah Madu di Hutan

Demikian beberapa tips trik tutorial pedoman, panduan dan cara memindah lebah madu liar ke dalam stup baru Ntuk di budidaya. Semoga membantu sahabat Rimba semua dalam memulai memelihara lebah madu, khususnya lebah lokal tawon glodok, apis cerana, apis indica. Bila ada yang mau ditambahkan atau di tanyakan silahkan isi di form komentar...

Hubungi Kontak Kami :

Telepon - SMS Kami - Whatsapp

Produk Madu Amanah Rimba

Madu Klanceng/Trigona

TERNAK LEBAH JUAL MADU ASLI SOLO
- Harga satuan
- Atau Grosir hub. kami via

PESAN : Whatsapp

Madu Hutan Apis Dorsata Multiflora

Madu hutan belantara
- Harga satuan
- Atau Grosir hub. kami via

PESAN : Whatsapp

TERNAK LEBAH JUAL MADU ASLI SOLO
- Harga satuan
- Atau Grosir hub. kami via

PESAN : Whatsapp

11 comments:

  1. makasih tipsnya memindah lebah madu

    ReplyDelete
  2. mantapks jiwa tips nya....
    mohon info, bagaiman cara memecahkan koloni agar kita punya dua kotak lebah yang bagus dan produktif.

    nuhun, jazakallah khiran katsiran

    ReplyDelete
    Replies
    1. pemecahan saat musim bunga mekar, di ambilkan dari koloni yg bagus

      Delete
  3. Di samping rumah saya ada koloni lebah tapi tempatnya tidak bisa di jangkau dari luar,berada di dalam kotak dudukan tandon air,lebah masuk melalui retakan tembok..bagaimana cara memindahkanya kedalam kotak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. tandonya di ambil dulu bisa? yh jelas harus ada ruang yg mmgkinkan tangan masuk untuk mengambil

      Delete
  4. Mantapss mas infonya, mas kalo mecah koloni ratunya cuma ada Saturday gimana mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada caranya kok, silahkan cari di senarai link, di bawah postingan

      Delete
  5. Mhn berbagi pengalaman pak..sebauknya ratu lebah di ikat di dalam stup atau cuma di potong sayap nya z pak..mhn infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. di potong sayap lebah nya, tapi ada syaratnya

      Delete
  6. Pak mau tanya cara memindahkan lebah madu liar tanpa ambil ratunya gimana ya pak karena tempat lebah bersarang di Samping kamar tidur pas di dalem seng.
    Terimakasih pak

    ReplyDelete

Madu Lebah Lokal

Madu Lebah Lokal
Madu apis cerana 1kg, Pesan via wa: 082242011571

Madu Hutan Apis dorsata

Madu Hutan Apis dorsata
Madu Hutan tawon Gung multifora Asli, pesan via wa: 082242011571

Madu Klanceng

Madu Klanceng
Madu klanceng Asli 1 Kg, pesan via wa: 082242011571

Video Cara Memecah Koloni

LIKE MY FB PAGE ?

VIDEO PANEN LEBAH KLANCENG

Waktu Panen Lebah Madu yg Tepat

Madu Amanah Rimba Di Bukalapak

Madu Amanah Rimba Di Bukalapak
BARU... Beli Madu Dilapak Amanah Rimba