Special Honey to Shahabat Rimba

Home » , , , , , » CARA MEMBUAT RATU LEBAH dan Memecah Koloni

CARA MEMBUAT RATU LEBAH dan Memecah Koloni

ratu lebah madu lokal apis cerana
Ratu lebah lokal
Cara membuat ratu baru dalam koloni lebah madu lokal atau apis Cerana, apis indica. Memecah menyapih atau memisah koloni lebah madu lokal tawon glodok, tawon unduhan, nyiruan. Sebenarnya tanpa di buat segala pun, secara alamiah sebuah koloni lebah akan memunculkan beberapa ratu baru dengan sendirinya. Biasanya cell calon ratu lebah akan kita temukan di bawah atau di pinggir sisiran/ tala lebah lokal. Bentuk cell ratu itu paling besar dari brood yang lain/ telur lain, foto dan gambarnya ada di bawah.

Cara memecah koloni lebah madu lokal, tawon madu lebah liar. Nah waktu kemunculan sel ratu secara alami adalah saat koloni kuat, yaitu ketika musimm banyak tanaman berbunga. Banyak sumber nektar dan pollen, misal ketika musim bunga randu, mahoni, sono dll. Ketika ratu baru telah lahir, maka akan terjadi peperangan dalam koloni lebah karena ratunya dua. Salah satu dari Ratu lebah madu baik yang baru atau lama akan menin─čalkan koloni lama beserta sebagian pasukan lebah pekerja dan pejantan bila ada, untuk membentuk sebuah koloni baru. Baca juga - Khasiat madu untuk Tetes Mata dan masker madu lemon untuk menghaluskan wajah dan mengurangi jerawat

Biasanya ratu keluar dan hinggap di pohon terdekat sebelum mencari sarang baru. Bila sobat Rimba mengetahui ini ambil saja langsung masukkan ke dalam kotak, biasanya langsung mau menempati. Saya dah 2 kali memasukkan koloni pecahan sperti ini kedalam glodog budidaya, dal alhamdulillah berhasil semua.

Memecah koloni lebah madu sebelum pecah. Bila sobat Rimba ingin memecah koloni tawon glodog tawon liar sendiri, silahkan coba asal koloni kuat dan sedang musim bunga. Ingat jangan lakukan ini saat musim paceklik atau lebah akan tersiksa, bukan 2 ratu yg di dapat tapi kepunahan koloni lebah. Kecuali sobat punya trik tersendiri. Caranya sebagai berikut. . .

Pertama letakkan kotak baru di dekat kotak lama, ambil sebagian sisiran beserta anakan dan Ratu lalu masukkan dalam kotak baru. Pastikan kedua kotak terisi cukup banyak lebah pekerja. Bila dirasa bila madu di sisiran tidak banyak, berilah pakan tambahan berupa larutan gula air 1:1. Selanjutnya pindah kotak baru yg ada ratu ke tempat yg agak jauh supaya supaya koloni di kotak lama tidak bisa menemukan ratunya. Coba jarak min 50m, saya pernah coba cuma q taruh di belakang rumah saja dan berhasil membuat ratu baru. Baca Juga CARA Membedakan Madu Asli dan Palsu

gambar foto telur calon ratu lebah madu
Telur calon Ratu lebah
Tips tutorial panduan dalam membuat ratu lebah madu cara alami ini. Tips pertama lakukan pada sore hari menjelang gelap, sehingga lebah pekerja yg mencari ratu akan kembali ke sarang karena hari mulai gelap.

Setelah 5 hari dari pemisahan, lihatlah pada kotak tanpa ratu. Biasanya akan ada beberapa sampai lebih dari sepuluh sell yang berisi telur, larva atau pupa calon ratu lebah madu. sekitar seminggu dari waktu pemecahan biasanya ratu lebah apis cerana sudah menetas, dan koloni lebah sudah memiliki ratu yang baru.

Ratu yang baru menetas belum bertelur, sahabat perlu menunggu beberapa hari sampai ia kawin, sekitar 1 sampai 2 minggu. tidak usah di ganggu atau dibuka buka stupnya, karena lebah bisa stress dan khawatirya kabur meninggalkan sarang. cukup sahabat biarkan setelah 1 bulan coba di buka, bila berhasil biasanya akan sahabat jumpai telur lebah pekerja di sisiran sarang. Itu artinya ratu baru telah bertelur dan pembuatan ratu lebah berhasil.

demikian post kali ini semoga bermanfaat untuk sahabat rimba. Wassalamualaikum warohmatulloh...

Hubungi Kontak Kami :

Telepon - SMS Kami - Whatsapp

7 komentar:

  1. walah terimakasih cukup jelas aku bacanya hehe :D template yang kamu pake namanya apa sob.. hehe jangan lupa ya kunjungi dan komentari blog ane Cari Dulu | Blog Tutorial Terbaik

    BalasHapus
  2. terimakasih kunjunganya sahabat, semoga artikel cara membuat ratu lebah madu dan memecah koloni tawon glodok lebah madu lokal apis cerana ini bisa menjadi referensi tambahan bagi sobat Rimba semua

    BalasHapus
  3. Suwun pak Boss penjelasannya, kulo pengin nyobi

    BalasHapus
  4. Mau tanya,kalau ratu yg lama d'pindah trs drmana asal telur larva calon ratu yg baru, mohon pencerahannya pak boss..trimss,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari telur lebah pekerja, bisa di jadikan bakal ratu... lebah istimewa

      Hapus
  5. Mas bukanya sarang telur bakal lebah pekerja lebih kecil dari sarang telur calon ratu.. Mohon pencerahan mas, baru kenal lebah, kebetulan ada lebah datang sendiri kerumah, dan sudah saya pindah/buatkan stup, belajar dari google dan Alhamdulillah berhasil, saya ingin sekali ternak lebah, tapi di daerah saya gak ada tempat pelatihanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya memang lebih kecil dari bakal calon ratu dan bakal lebah jantan

      Hapus

JUAL BIBIT KLANCENG

JUAL BIBIT KLANCENG
Jual bibit koloni Klanceng hitam atau Lebah Trigona spp dalam Ruas Bambu, 1 paket isi 3 koloni harga 290rb blm ongkir. insyaalloh bisa kirim seluruh indonesia, jawa, sumatera, aceh, riau, medan, kalimantan, sulawesi, ntt dll. Kontak HP/WA: 082242011571

Madu Amanah Rimba Di Bukalapak

Madu Amanah Rimba Di Bukalapak
BARU... Beli Madu Dilapak Amanah Rimba

GET PURE HONEY HERE !!

GET PURE HONEY HERE !!
Bermacam Madu lebah dan Klanceng Asli bisa Sahabat Beli di Sini...

LIKE MY FB PAGE ?

VIDEO PANEN LEBAH KLANCENG