Special Honey to Shahabat Rimba

Subscribe My Youtube Channel

Home » , , , » Cara backup koloni lebah yang lemah

Cara backup koloni lebah yang lemah

cara beternak lebah madu jual bibit
Cara membackup koloni lebah madu apis cerana, lebah lokal atau apis mellifera yang lemah supaya menjadi kuat dan banyak pekerjanya. Koloni lebah di sebut dalam keadaan lemah yaitu saat lebah pekerjanya berjumlah sedikit, sehingga produksi madu pun sedikit dan koloni menjadi rawan terhadap gangguan dari luar. Penyebab kolonu lemah antara lain karena kurangnya pakan, kurang tepungsari atau beepollen karena pollen adalah sumber protein, tanpa pollen ratu lebah menjadi berkurang produktifitasnya dalam bertelur. Koloni lemah juga terdapat pada koloni lebah yang baru dan dengan jumlah pekerja yang sedikit.

Cara yang bisa sahabat amanah rimba terapkan, untuk mengatasi koloni lebah madu yang lemah antara lain. Bila penyebabnya kurang pakan tentu di carikan tempat yg banyak pakan atau bisa dengan suplemen tambahan pada musim paceklik. Nah ketika makanan sudah mencukupi, pada koloni yg kira-kira lemah berilah anakan atau broodcell, atau sisiran lebah dari koloni lain yang kuat. Bisa satu dua atau tiga sisir usahakan yang ada madunya buat makan lebah muda bila nanti menetas.

Lebah pekerja akan mengerami sisiran dari koloni lain tadi. dari sisiran yang berisi telur larva, dan pupa itulah akan lahir lebah pekerja baru yang kemudian menambah jumlah lebah pekerja. Setelah semua telur menetas, akan sahabat saksikan jumlah koloni lebah bertambah banyak, dan berarti koloni telah menjadi lebih kuat.

Demikian cara memperkuat koloni lebah madu yang lemah. Cara ini dapat di terapkan pada koloni klanceng, trigona, dan kelulut juga. Dengan cara yang sama. Semoga  bermanfaat untuk sahabat Amanah rimba. Bila ada pertanyaan seputar lebah madu dan klanceng atau mau menambahkan pengalaman, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar di bawah posting.

Hubungi Kontak Kami :

Telepon - SMS Kami - Whatsapp

Produk Madu Amanah Rimba

Madu Klanceng/Trigona

TERNAK LEBAH JUAL MADU ASLI SOLO
- Harga satuan
- Atau Grosir hub. kami via

PESAN : Whatsapp

Madu Hutan Apis Dorsata Multiflora

Madu hutan belantara
- Harga satuan
- Atau Grosir hub. kami via

PESAN : Whatsapp

TERNAK LEBAH JUAL MADU ASLI SOLO
- Harga satuan
- Atau Grosir hub. kami via

PESAN : Whatsapp

0 comments:

Post a Comment

Madu Lebah Lokal

Madu Lebah Lokal
Madu apis cerana 1kg, Pesan via wa: 082242011571

Madu Hutan Apis dorsata

Madu Hutan Apis dorsata
Madu Hutan tawon Gung multifora Asli, pesan via wa: 082242011571

Madu Klanceng

Madu Klanceng
Madu klanceng Asli 1 Kg, pesan via wa: 082242011571

Video Cara Memecah Koloni

LIKE MY FB PAGE ?

VIDEO PANEN LEBAH KLANCENG

Waktu Panen Lebah Madu yg Tepat

Madu Amanah Rimba Di Bukalapak

Madu Amanah Rimba Di Bukalapak
BARU... Beli Madu Dilapak Amanah Rimba