Special Honey to Shahabat Rimba

Subscribe My Youtube Channel

Home » , , , » Cara memanen lebah madu liar dan klanceng

Cara memanen lebah madu liar dan klanceng

cara ternak lebah madu lokal
lebah lokal
Cara memanen lebah madu lokal apis cerana, mengunduh tawon madu lebah liar atau yang sudah di dalam stup kotak atau kandang lebah. Membuat lebah supaya tidak galak dan menyengat. Cara menjinakkan lebah supaya jinak tidak galak.

Waktu yang tepat untuk memanen lebah madu adalah saat pertengahan atau akhir musim bunga. Misalnya bunga mahoni pada tanggal 1 bulan September, maka pemanenan bisa dilakukan 2 minggu setelah berbunga, atau tiga minggu atau satu bulan baru di panen supaya madu terkumpul banyak dan sifat madu sudah kental karena telah di erami lebah. Semakin lama di erami lebah atau semakin lama di dalam stup maka madu akan semakin kental.

Bagaimana cara memanen lebah liar hutan apis cerana. Langkah pertama memanen lebah lokal yang di dalam stup yaitu buka penutup stup dengan pelan2, karena biasanya kalau kasar gerakanya, lebah bisa kaget dan langsung menyerang. Lihat apakah galak atau tidak, angkat satu frame sisiran yang berisi anakan lebah dan madu dengan tenang dan jangan bersenggolan dengan frame lain, karena lebah dapat tergenjet dan marah. Sampai sini bila lebah tidak galak maka lebah tenang dan tidak menyengat. Namun bila lebah terlihat agresif dan banyak yang menyerang sahabat Rimba, berarti lebah galak.

Cara menjinakkan lebah madu cerana atau mellifera yang galak adalah dengan asap. Ambillah sabut kelapa kering atau sobekan kardus bekas lalu bakar dan tiupkan asapnya pada koloni lebah yang galak. Setelah lebah mulai menyingkir dan jinak segera ambil frame atau sisiran lebah. Ambil beberapa sisir dan sisakan dua sisiran yang berisi anakan yang sudah menutup cellnya beserta madunya, ini supaya lebah tidak kabur setelah di panen. Frame yang telah di angkat di kumpulkan lalu ambillah madunya, madu biasanya di bagian atas sarang. Setelah madu di ambil maka kembalikan lagi  anakanya dengan cara di ikat dengan tali pada frame, bisa dengan tali rafia, kabel, karet dll yang penting aman sentausa, hehe.

Cara memeras madu lebah liar apis cerana
1. pakailah sarung tangan plastik yang bagus,
2. taruh sisiran madu di atas saringan yang lebar, dan peras seperti memeras santan
3. masukkan madu yang sudah disaring ke dalam botol kaca yang bersih steril. botol ploastik kurang bagus untuk menyimpan madu, karena kebanyakan bahan plastik adalah sintetik kimia. tapi untuk pengitriman paket biasanya dipilih botol plastik atau jrigen guna lebih hemat dan aman dari pecahnya botol.
4. madu siap di jual atau di simpan untuk di konsumsi kemudian hari.
baca juga - CARA membedakan madu asli dan palsu
cara memanen madu klanceng trigona kelulut
MADU KLANCENG

CARA MEMANEN MADU KLANCENG KELULUT ATAU TRIGONA
1. BUKA STUP KLANCENG, bersihkan lebah yang mengrumuni pot madu klanceng dengan kuas, di ketuk, atau dengan kompresor. lalu sorok pot madu menggunakan sekop kecil atau sendok makan. sisakan secukupnya buat makan koloni klanceng.
2. taruh madu yang di dapat dalam wadah kaca atau toples berbahan pp biar aman,
3. peras seperti cara memeras madu lebah liar di atas.
4. madu yang du dapat langsung di masukkan dalam botol kaca yang bersih.
5. madu siap di jual kepada pembeli atau di simpan untuk pusaka, hehe...

BACA JUGA - KHASIAT dan Kandungan Madu murni untuk kesehatan

Demikian itu adalah cara memanen lebah madu lokal tawon unduhan, tawon glodok yang sudah di dalam stup kotak budidaya dan klanceng atau trigona spp. Untuk lebah lokal yang sarangnya masih liar di alam semisal lebahnya bertempat di lubang batuan, di dalam tanah, di pohon kayu, di almari dll, maka caranya sama saja.
Untuk lebih jelas tentang cara memanen lebah madu apis cerana silahkan sahabat lihat VIDEO saya dibawah ini ;
Yang perlu di perhatikan adalah tips mengunduh lebah lokal ini, yaitu menyisakan 2 ATAU 3 sisiran supaya lebah tidak kabur keesokan harinya.

Demikian tulisan malam ini, semoga bermanfaat buat sahabat Amanah rimba, bila ada yang di tambah atau di tanyakan silahkan tinggalkan komentar di bawah posting ini. wassalamualaikum warohmatulloh...

Hubungi Kontak Kami :

Telepon - SMS Kami - Whatsapp

Produk Madu Amanah Rimba

Madu Klanceng/Trigona

TERNAK LEBAH JUAL MADU ASLI SOLO
- Harga satuan
- Atau Grosir hub. kami via

PESAN : Whatsapp

Madu Hutan Apis Dorsata Multiflora

Madu hutan belantara
- Harga satuan
- Atau Grosir hub. kami via

PESAN : Whatsapp

TERNAK LEBAH JUAL MADU ASLI SOLO
- Harga satuan
- Atau Grosir hub. kami via

PESAN : Whatsapp

0 comments:

Post a Comment

Madu Lebah Lokal

Madu Lebah Lokal
Madu apis cerana 1kg, Pesan via wa: 082242011571

Madu Hutan Apis dorsata

Madu Hutan Apis dorsata
Madu Hutan tawon Gung multifora Asli, pesan via wa: 082242011571

Madu Klanceng

Madu Klanceng
Madu klanceng Asli 1 Kg, pesan via wa: 082242011571

Video Cara Memecah Koloni

LIKE MY FB PAGE ?

VIDEO PANEN LEBAH KLANCENG

Waktu Panen Lebah Madu yg Tepat

Madu Amanah Rimba Di Bukalapak

Madu Amanah Rimba Di Bukalapak
BARU... Beli Madu Dilapak Amanah Rimba